Pages

Monday, March 02, 2015

Mengurutkan Tanggal Ulang Tahun Per Minggu/Bulan/Tahun & Menginput Data Umur Seseorang Berdasarkan Tahun Lahir

Sekedar berbagi pengalaman aja,


Ini terjadi pada saya ketika diminta menyusun database ulang tahun anggota per-bulan di lembaga non-profit.
Saya harus memberikan nama-nama yang berulang tahun di bulan tersebut.
Dan harus dibagi dalam 4 minggu (aka permingguan)

Awalnya (setelah-mentok-cari-cara) saya ingin mengerjakannya secara manual ,
namun, ..........................
melihat ada sekitar 650an data yang harus saya urutkan, saya merasa sangat sia-sia melakukannya, belum lagi kalau salah(-____\") apalah gunanya kecanggihan sistem ini kalau saya harus manual
=w= dan selama 3 bulan saya belum mendapat hasil. TT^TT (untung dimaklumi)


Baru-baru ini, ketika diminta untuk HARUS SELESAI, oleh anugerah Tuhan :")
kemarin tanpa lama-lama mikir sana-sini, tau-tau saya langsung ngerti aja.

Seneng banget akhirnya ngerti cara ngurutin per minggu, bulan maupun tahun

DAN BEGINILAH CARANYA.


BAGIAN PERTAMA - MENGURUTKAN BULAN
PERTAMA,

Pastikan data Anda sudah terinput dengan benar (contoh gambar ini bukan menggunakan data yang saya ceritakan diatas)


KEDUA,
Klik sel kosong di dua kolom sebelahnya, masukkan rumus berikut;
=MONTH(klik sel tanggal yang ingin diurutkan) lalu Enter
lalu drag sampai bawah sehingga dapatlah angka berdasarkan bulan, 
mis: Dec = 12; Aug = 8



KETIGA
Setelah itu kamu dapat mengurutkannya dengan melibatkan sel diluar dari database yang ada.


KEEMPAT
Pilih custom sort - column E.
Terus di bagian Order, pilih smallest to largest

KELIMA,
Setelah terurut berdasarkan bulan.
Kamu bisa copy ke Sheet lain (yang berwarna merah) bulan mana yang ingin kamu urutkan perhari atau perminggu. 
Dalam hal ini saya ambil contoh bulan 3 yaitu Maret (karena saat ini Maret)


BAGIAN KEDUA - MENGURUTKAN PERHARI

Setelah selesai di copy ke Sheet baru, data yang ada adalah data bulan Maret.
(NB: karna datanya yang tercopy cuma tiga, maka saya tambahkan lagi agar lebih mudah memahami)

langsung dihapus saja angka 3 tersebut, kita ganti dengan rumus baru

Masukkan rumus berikut:
=DAY((klik sel tanggal yang ingin diurutkan) lalu tekan Enter
Drag sampai bawah sehingga mendapatkan tanggal saja, lalu kamu bisa ulangin cara diatas.
Klik kanan - Sort - Custom Sort - Pilih Column E - smallest to largest

Dapet deh urutan perhari, lalu kamu tinggal bedakan perminggunya saja, diwarnain cellnya,
Misalkan Minggu pertama Maret adalah tanggal 1-8 Maret, kamu bisa warnain cellnya sebagai minggu pertama, lalu minggu kedua tidak diwarnai, lalu minggu ketiga diwarnai..

BAGIAN KETIGA
Menginput Data Umur Seseorang Berdasarkan Tahun Lahir
 Caranya ga beda jauh dengan penggunaan rumus MONTH dan DAY diatas.
Tinggal kita masukkan tahun di kolom lain, lalu masukkan rumus
=(tahun ini)-(tahun lahir) jangan lupa tekan Enter
Maka dapatlah umurnya
Tinggal rapiin aturan tabel dan selesai!


Saya kira informasi ini cukup sampai disini, kalau ada pertanyaan bisa tinggalkan komentar kamu :)
SEMOGA BERMANFAAT

GOD BLESS :)

No comments:

Post a Comment

Monggo ditanyakan yang masi kurang paam~ :'3